Dampak Buruk Merokok Di Usia Remaja

Merokok saat remaja membuatnya berisiko kena masalah kesehatan yang serius karena masih berada pada usia pertumbuhan. Berikut Dampak Buruk Merokok Di Usia Remaja

Selamat datang di salah satu website Alfian Herbal yang merupakan distributor resmi Green World yang menyediakan berbagai macam obat herbal alami berkhasiat yang kami jual secara online dengan sistem pelayanan spesial yaitu “Kirim Barang Dahulu Setelah Barang Datang Baru Transfer Pembayaran“.

Dampak Buruk Merokok Di Usia Remaja

Dampak Buruk Merokok Di Usia Remaja — Gencarnya iklan rokok membuat banyak perokok yang memulai aksinya dari usia remaja. Usia yang masih labil ditambah dengan iklan yang dibuat sehebat mungkin membuat mereka tidak sadar bahwa mereka adalah sasaran bagi para produsen rokok.

Dari penelitian yang dilakukan oleh Komnas Perlindungan Anak pada tahun 2007 ditemukan bahwa iklan telah mempengaruhi sekitar 91,7 persen remaja yang berusia antara 13-15 tahun  untuk mulai menghisap batang tembakau ini. Data ini telah membuat kita terkejut akan dampak iklan terhadap kebiasaan merokok pada seseorang.

Usia remaja adalah usia pertumbuhan, oleh karena merokok pada masa ini bisa menyebabkan berbagai masalah serius baik fisik maupun emosionalnya. Bahkan remaja yang yang merokok memiliki resiko kesehatan yang jauh lebih buruk daripada orang dewasa yang merokok.

Bahaya kesehatan bagi anak kecil dan remaja di bawah 18 tahun yang sudah merokok

Remaja yang merokok memiliki status kesehatan yang buruk dibandingkan dengan remaja yang tidak merokok. Hal yang paling sering dialami oleh para perokok muda ini adalah sakit kepala dan sakit punggung yang sering sekali muncul.

Hal ini ditunjukkan pada penelitian yang melibatkan 5000 perempuan muda yang diteliti selama 7 tahun. Dari hasil penelitian tersebut, diketahui bahwa mereka yang menjadi perokok aktif sangat sering berkunjung ke rumah sakit dengan berbagai alasan kesehatan, salah satu yang paling sering adalah masalah pada tulang dan otot. Selain itu, diketahui juga bahwa remaja yang menjadi perokok aktif mengalami penurunan kemampuan merasakan rasa suatu makanan serta gangguan tidur.

  • Paru-paru berhenti berkembang

Perkembangan paru-paru juga akan dipengaruhi jika melakukan kebiasaan merokok terlalu dini. Rokok menyebabkan gangguan pada pertumbuhan serta perkembangan paru pada anak-anak dan remaja, hal ini mengakibatkan paru-paru berhenti untuk tumbuh. Gangguan ini dapat menimbulkan masalah kesehatan yang kronis hingga ia beranjak dewasa.

Menghentikan kebiasaan merokok pada anak-anak dan remaja mungkin saja bisa membuat paru-paru kembali berkembang. Sebuah riset juga menyatakan bahwa jika anak merokok selama 20 hari, maka dampaknya pada paru seperti telah merokok selama 40 tahun, dan ia pun berisiko mengalami kanker paru.

  • Gejala penyakit jantung dan pembuluh darah yang terjadi lebih awal

Merokok pada usia yang muda dapat menyebabkan kerusakan sistem peredaran darah, yang kemudian akan bertambah parah saat ia tumbuh dewasa. Ketika ia memasuki usia dewasa, bukan tidak mungkin berbagai penyakit jantung langsung dapat dialaminya, seperti penyakit jantung koroner, aterosklerosis, gagal jantung, serangan jantung, serta stroke. Penyakit-penyakit ini adalah penyebab utama dari kematian muda yang cukup tinggi terjadi di dunia.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Taiwan pada perokok aktif yang berusia muda menunjukkan bahwa ternyata dari kelompok tersebut banyak yang mengalami kondisi hipertrigliseridemia, neutrophilia, dan hiperkromia.

  • Kerusakan gigi

Kebiasaan merokok adalah penyebab utama dari gangguan kesehatan gigi dan mulut. Hampir setengah dari infeksi yang terjadi di mulut terjadi pada perokok aktif dengan rentang usia di bawah 30 tahun. Sebuah riset juga membuktikan hal yang sama, yaitu perokok aktif yang berusia sangat muda mempunyai karies, plak, dan berbagai infeksi gusi dan mulut lebih banyak dibandingkan dengan anak seusianya yang tidak merokok.

  • Masalah pada otot dan tulang

Penelitian dalam lingkup yang cukup besar, dilakukan di Belgia dan melibatkan sebanyak 677 remaja. Dari penelitian ini diketahui bahwa remaja yang sering merokok memiliki kepadatan tulang yang rendah serta penurunan puncak pertumbuhan yang seharusnya terjadi pada usianya. Sama dengan penelitian sebelumnya, penelitian yang mengikutsertakan 1000 remaja laki-laki di Swedia menemukan bahwa kelompok yang merokok mengalami kerapuhan tulang pada bagian tulang belakang, leher, tengkorak, serta pada tangan dan kaki.

  • Kelihatan Lebih Tua

Proses penuaan lebih cepat akan terjadi pada orang-orang yang mulai merokok di usia muda. Orang-orang seperti ini akan memiliki kulit yang lebih kering dan garis-garis kerutan di wajahnya sehingga akan kelihatan lebih tua daripada usia yang sebenarnya. Masalah penampilan lain yang bisa diakibatkan oleh rokok adalah gigi kuning serta jerawat.

  • Kecanduan

Merokok di usia remaja akan membuatnya lebih sulit untuk berhenti karena mereka lebih mungkin untuk mengalami kecanduan. Saat seorang remaja memutuskan untuk berhenti merokok, maka akan berbagai masalah yang terjadi padanya seperti insomnia, mudah marah, depresi dan berbagai masalah mental lainnya.

Bagaimana mencegah perilaku merokok pada remaja?

Untuk mencegah perilaku merokok pada remaja cukup sulit dilakukan, karena membutuhkan bantuan dari berbagai pihak, mulai dari keluarga, lingkungan sekolah, aparat penegak hukum, dan juga remaja itu sendiri. Yang terpenting adalah bagaimana menjaga agar lingkungan sosial dan juga pergaulan dari si remaja tidak berpengaruh buruk terhadap perilaku remaja tersebut, salah satunya adalah perilaku merokok. Sekian informasi seputar Dampak Buruk Merokok Di Usia Remaja. Semoga bermanfaat.

Terus kunjungi situs https://templeofretro.wordpress.com untuk update informasi mengenai kesehatan lainnya.

Dampak Buruk Merokok Di Usia Remaja

Iklan

One thought on “Dampak Buruk Merokok Di Usia Remaja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s