Makanan Sehat Yang Baik Untuk Mata Selain Wortel

Banyak orang yang berfikir bahwa wortel bisa menyehatkan mata, Padahal bukan hanya wortel yang bisa membuat kedua mata menjadi jernih dan sehat. Ketahui Makanan Sehat Yang Baik Untuk Mata Selain Wortel

Selamat datang kembali di salah satu website resmi Alfian Herbal agen resmi Green World yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menjual berbagai suplemen dan vitamin yang terbuat dari bahan alami pilihan tanpa tersentuh bahan kimia.

makanan-sehat-yang-baik-untuk-mata-selain-wortel

Makanan Sehat Yang Baik Untuk Mata Selain Wortel — Anda pasti sudah tahu bahwa wortel dan buah serta sayur berwarna oranye dapat meningkatkan kesehatan mata. Beta-karoten, tipe vitamin A pemberi warna oranye pada makanan-makanan ini, berguna untuk membantu retina dan bagian mata yang lain berfungsi dengan baik.

Tapi, beta-karoten bukan satu-satunya nutrisi yang baik untuk mata. Ada beberapa vitamin dan mineral lainnya yang juga penting untuk indera penglihatan Anda.

Berikut daftar makanan yang baik untuk mata

  • Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung lutein dan zeaxanthin. Keduanya merupakan antioksidan, dan menurut penelitian, zat tersebut dapat menurunkan risiko pembentukan degenerasi makula dan katarak. Lutein dapat mengurangi kerusakan oksidatif induksi-cahaya yang menyebabkan degenerasi makula, selain itu juga mampu mengurangi risiko retinitis pigmentosa. Lutein dan zeaxanthin dapat diresap oleh lensa dan retina, mereka pun akan menyerap kerusakan yang berasal dari cahaya yang tertangkap.

Makula adalah tempat kecil pada retina di mana visi menjadi paling tajam. Sedangkan degenerasi makula merupakan salah satu penyakit mata yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan karena adanya pembuluh darah tumbuh di bawah retina.

  • Telur

Kuning telur kaya akan lutein dan zeaxanthin, dengan tambahan zinc. Lutein dan zeaxanthin merupakan tipe karotenoid. Menurut Paul Dougherty, MD, direktur medis dari Dougherty Laser Vision di Los Angeles, yang dikutip Health.com, hal tersebut baik untuk mengurangi risiko degenerasi makula Anda.

  • Citrus dan berry

Jeruk, lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali termasuk ke dalam kelompok citrus, dan buah ini kaya akan vitamin C. Anda juga bisa menemukan vitamin C pada strawberry. Vitamin ini adalah antioksidan kuat, yang membentuk dan mengelola jaringan ikat, salah satunya kolagen yang terdapat di kornea mata. Fungsinya pun sama untuk mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula.

  • Almond

Kandungan vitamin E ditemukan pada almond. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin E mampu melindungi sel mata dari kerusakan. Radikal bebas dapat menyebabkan gangguan pada jaringan mata yang sehat. Ketika hal ini terjadi, risiko degenerasi makula pun meningkat. Selain itu, vitamin ini dapat memperlambat pembentukan katarak. Penelian baru-baru ini yang dikutip oleh AOA.org menyebutkan bahwa adanya hasil yang jelas dari penurunan risiko katarak pada partisipan yang memakan asupan vitamin E tinggi.

  • Ikan berlemak

Tuna, salmon, ikan makarel, dan ikan asin mengandung asam lemak yang tinggi. Asam lemak dapat ditemukan pada retina. Kekurangan level asam lemak  dapat memicu sindrom mata kering menurut Jimmy Lee, MD, direktur bedah refraktif di Montefiore Medical Center, New York City.

Yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan mata

Tidak hanya makanan, Anda perlu melakukan hal-hal berikut ini agar mata Anda tetap sehat:

  • Berhenti merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko katarak, kerusakan saraf optik, dan degenerasi makula. Perokok juga bisa terkena uveitis (pembengkakan pada lapisan bagian tengah mata)

  • Gunakan kacamata hitam

Kacamata hitam dapat melindungi mata Anda dari paparan sinar UV langsung. Terlalu banyak terkena UV dapat meningkatkan risiko katarak. Pilihlah kacamata yang dapat menghalangi UVA dan UVB 99% bahkan 100% kalau bisa. Jika Anda menggunakan lensa kontak, Anda bisa memilih yang menawarkan proteksi terhadap UV.

  • Batasi waktu di depan komputer

Sebaiknya Anda tidak terlalu lama ketika melihat layar komputer. Memandangi komputer dapat menyebabkan visi kabur, kesulitan untuk fokus pada jarak tertentu, mata kering, dan sakit kepala. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi melihat ke layar komputer:

  1. Pastikan kacamata atau lensa kontak Anda sudah diperbarui dan memenuhi syarat untuk pengguna komputer
  2. Posisikan monitor sama dengan mata Anda
  3. Sebaiknya hindari melihat komputer dalam keadaan silau dari jendela dan lampu.
  • Jika mata Anda kering, sering-seringlah berkedip

Setiap 20 menit, istirahatkan mata dengan melihat dari jarak 20 kaki selama 20 detik. Setiap dua jam Anda harus mengambil istirahat dan bangkit selama 15 menit.

Nah itulah Makanan Sehat Yang Baik Untuk Mata Selain Wortel yang bisa anda coba mulai dari sekarang. Semoga bermanfaat.

Terus kunjungi situs https://templeofretro.wordpress.com untuk mengetahui informasi mengenai kesehatan lainnya.

Makanan Sehat Yang Baik Untuk Mata Selain Wortel

Iklan

One thought on “Makanan Sehat Yang Baik Untuk Mata Selain Wortel

  1. Hey! Someone in my Myspace group shared this site with us so
    I came to take a look. I’m definitely loving the information. I’m book-marking and will be tweeting this to my followers!
    Terrific blog and amazing design.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s