Bahayanya Sering Begadang Pada Ibu Hamil

Setiap ibu hamil harus memiliki cukup waktu untuk tidur. Jika jumlah jamtidur anda kurang dari 8 jam maka tubuh anda akan cepat merasa lelah dan kurang fit. Adapun beberapa ancaman kesehatan atau Bahayanya Sering Begadang Pada Ibu Hamil

Selamat datang kembali di https://templeofretro.wordpress.com yang merupakan salah satu situs Alfian Herbal yang merupakan agne resmi penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai macam obat herbal yang ampuh mengobati segala jenis penyakit. Seperti biasa, di situs ini kami akan memberikan informasi kesehatan. Nah, di kesempatan ini pembahasan kami adalah mengenai Bahayanya Sering Begadang Pada Ibu Hamil. Berikut informasinya.

bahayanya-sering-begadang-pada-ibu-hamil

Bahayanya Sering Begadang Pada Ibu Hamil — Menjaga kondisi tubuh agar tetap fit adalah salah satu hal yang harus dilakukan pada saat seorang wanita sedang hamil. Dengan tubuh yang fit dan sehat maka Anda dapat melakukan aktivitas sehari-hari tanpa adanya gangguan. Selain itu, kondisi tubuh seorang ibu yang sehat dan fit akan sangat mendukung perkembangan janin dalam kandungan. Banyak cara yang bisa dilakukan agar tubuh selalu fit dan bugar selama masa kehamilan, salah satunya adalah dengan tidur yang cukup setiap harinya. Lalu berapa standar jam tidur yang baik saat hamil?

Penelitian Terkait tentang Waktu istirahat Ibu Hamil

Dalam sebuah studinya, seorang profesor profesor epidemiologi dan kesehatan global di University of Washington yang juga merupakan direktur di Center for Perinatal Studies di Swedish Medical Center, Seattle, Amerika Serikat mengatakan bahwa, pada umumnya perempuan waktu tidur sekitar tujuh hingga sembilan jam per harinya selama kehamilan dan akan lebih baik jika tidur selama sembilan jam. Apabila waktu tidur kurang dari jumlah tersebut, maka akan dapat berpengaruh pada kesehatan. Kurang tidur akan berakibat tubuh menjadi kurang fit dan mudah lelah. Kesibukan, susah tidur, dan hal lain sering menjadi salah satu alasan kenapa wanita hamil kurang mendapatkan istirahat dan mereka lebih sering begadang.

Bahaya Begadang pada ibu hamil

  • Begadang saat hamil meningkatkan risiko persalinan prematur

Setengah dari total kasus kelahiran prematur tidak diketahui penyebabnya, tapi begadang saat hamil adalah salah satu penyebab potensial. Penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh dengan menyebabkan kelebihan produksi sitokin.

Bagi kebanyakan orang, kelebihan sitokin akan menyerang dan menghancurkan sel-sel sehat, menyebabkan sistem imun tubuh jadi tidak mempan melawan penyakit. Bagi wanita hamil, peningkatan kadar sitokin dapat memengaruhi kinerja pembuluh darah di tulang belakang yang mengarah ke plasenta, sehingga meningkatkan kemungkinan kelahiran prematur dan depresi. Depresi selama kehamilan merupakan faktor risiko untuk komplikasi persalinan serius.

  • Begadang saat hamil meningkatkan risiko preeklampsia

Wanita yang masih hamil muda namun tidak cukup tidur (kurang dari lima jam per malam) dalam 14 minggu pertama kehamilannya dilaporkan 10 kali lebih berisiko untuk mengalami preeklampsia, suatu kondisi yang menyebabkan tekanan darah tinggi. Komplikasi preeklampsia meliputi kerusakan organ dan bahkan kematian bayi dalam kandungan. Hal ini juga dapat berakibat fatal bagi ibu yang menjalani operasi caesar atau diresepkan obat pemicu persalinan, setelah didiagnosis preeklampia.

  • Begadang saat hamil meningkatkan risiko tekanan darah tinggi

Tekanan darah rata-rata seseorang merosot hingga 10 sampai 20 persen selama tidur. Ini berarti bahwa ibu yang begadang saat hamil akan memiliki tekanan darah yang lebih tinggi dari rata-rata normalnya selama periode 24-jam ke depan. Meskipun peningkatan tekanan darah terbilang cukup kecil, ini tetap memengaruhi cara jantung berfungsi selama kehamilan. Tidak cukup tidur juga mengubah kadar hormon endothelin dan vasopressin. Keduanya bekerja mengatur kembang-kempis ukuran pembuluh darah di seluruh tubuh, yang memengaruhi tekanan darah.

  • Begadang saat hamil meningkatkan peluang operasi caesar

Sejumlah penelitian menemukan bahwa wanita yang tidur kurang dari enam jam per malam selama bulan-bulan akhir kehamilan lebih berpeluang untuk menjalani caesar. Bagi ibu hamil yang ingin memiliki persalinan normal, ini dapat menjadi satu kekhawatiran tertentu.

Tapi ada juga risiko berpotensi bahaya yang terkait dengan persalinan caesar. Melahirkan lewat operasi caesar diketahui menimbulkan risiko masalah pernapasan bagi anak di kemudian hari. Bayi yang lahir lewat caesar juga seringnya memiliki skor Apgar rendah, skala nilai yang menunjukkan seberapa sehatnya bayi Anda saat lahir.

  • Begadang saat hamil memperlama proses persalinan normal

Ibu yang tidur kurang dari enam jam per malam selama bulan-bulan akhir kehamilan berisiko lebih tinggi untuk memiliki persalinan normal yang berjalan panjang. Persalinan yang memakan waktu lama (didefinisikan sebagai persalinan yang berlangsung lebih dari 24 jam) bisa terasa menyakitkan dan tidak nyaman bagi ibu, namun persalinan lama juga dapat memiliki dampak negatif pada bayi.

Misalnya, persalinan yang lama meningkatkan risiko bayi menghirup partikel mekonium ke dalam paru, yang bisa berbahaya karena mengganggu pernapasan normal. Menurut Badan Kesehatan Dunia, persalinan yang memakan waktu lama juga meningkatkan risiko bayi alami infeksi.

  • Ibu begadang saat hamil, anak berisiko kelebihan berat badan

Sering begadang saat hamil, terutama selama trimester ketiga, meningkatkan peluang kenaikan berat badan dan kelainan metabolik pada anak setelah mereka mencapai usia dewasa, menurut sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes. Para peneliti mengaitkan kelebihan berat badan dan perubahan metabolisme pada modifikasi epigenetik yang mengurangi ekspresi gen adiponektin.

Adiponektin sejatinya adalah hormon yang bermanfaat. Ini adalah hormon yang membantu tubuh mengatur beberapa proses metabolisme, termasuk regulasi glukosa. Adiponektin juga mengurangi kolesterol dan melindungi jantung Anda. Peningkatan kadar adiponektin dalam tubuh orang dewasa terkait dengan  persentase lemak tubuh yang cenderung turun. Sementara itu, miskinnya tingkat adiponektin akibat begadang saat hamil saling berhubungan dengan peningkatan lemak tubuh dan kecenderungan gaya hidup kurang aktif.

BACA JUGA >> Dengar Lagu Galau Justru Membuat Orang Lebih Bahagia

Nah demikian informasi mengenai Bahayanya Sering Begadang Pada Ibu Hamil yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Bahayanya Sering Begadang Pada Ibu Hamil

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s